Minggu, Mei 19, 2024
BerandaTeknoPassword Tak Lagi Cukup, Yuk Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Password Tak Lagi Cukup, Yuk Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Apakah akun email atau media sosial anda pernah di hack? Atau mungkin pernah mendengar akun teman anda di hack dan kemudian orang lain menggunakan akun tersebut untuk melakukan penipuan atau tindakan tidak bertanggungjawab lainnya?

Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kehati – hatian dalam me-manage akun akun kita di internet.

Saat ini dengan semakin canggihnya ilmu para hacker, makin sering terjadi peretasan atau pembajakan akun, bahkan platform platform besar seperti Facebook, Twitter, Yahoo dan penyedia jasa sejenis lainnya, tidak luput dari upaya pembobolan para penjahat di dunia maya.

Jangan anggap enteng resiko kebobolan akun internet ini, selain akun anda dapat digunakan untuk penipuan seperti mengirim permintaan bantuan keuangan ke semua teman dan keluarga dalam contact anda, pembajak yang menguasai akun anda dapat memanfaatkan nya sebagai jalan masuk ke akses internet banking anda, mencuri informasi terkait kartu kredit, atau meretas layanan pembayaran online anda (misalnya jika anda menggunakan layanan sejenis paypal) . Apalagi jika anda menggunakan satu password yang sama atau mirip untuk semua jenis akun di Internet.. Tentu ini dapat berdampak sangat merugikan ..

Menyadari resiko itu, saat ini penggunaan password saja tidak lagi cukup, hampir semua platform besar baik media sosial (seperti Facebook dan Twitter), penyedia layanan email (Gmail dan Yahoo), dan aplikasi Intant Messaging populer (seperti Whatsapp dan Telegram) , menyediakan fitur keamanan tambahan berupa verifikasi dua langkah (2-step verification,  two factor authentication atau sejenisnya) 

Dengan verifikasi dua langkah ini, selain password, untuk login atau masuk ke akun kita juga diperlukan langkah kedua, biasanya berupa kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel kita atau dapat pula menggunakan aplikasi autentikasi berbasis waktu (“time-based one time password (TOTP) authentication app“) seperti Google Authenticator, Authy, atau Duo Mobile.

Verifikasi Dua Langkah ini sangat ampuh untuk mencegah (atau lebih tepatnya meminimalisir potensi) peretasan akun akun kita, bahkan (sekedar untuk contoh), apple menggambarkannya dengan kalimat seperti ini :

“Karena kata sandi saja tidak lagi cukup untuk mengakses akun, autentikasi dua faktor meningkatkan secara dramatis keamanan ID Apple dan semua informasi pribadi yang Anda simpan dengan Apple.”

Setidaknya, jika ada yang ingin mencuri akun anda, selain harus berupaya mengetahui Password anda, dia juga harus mencuri handphone anda (atau berupaya lagi membobol lapisan kedua keamanan akun anda). 

Yuk kita aktifkan fitur Verifikasi Dua Langkah ini pada akun akun kita. Pada artikel ini akan kita bahas cara mengamankan akun digital dengan mengaktifkan fitur keamanan penting ini pada 7 (tujuh) platform internet paling populer yaitu Facebook, Twitter, Gmail (Google), Yahoo, Apple ID, Whatsapp dan Telegram (anda tentu punya akun disana bukan? ) :

 

- Advertisement -

1. FACEBOOK : AUTENTIKASI DUA FAKTOR

Two Factor Authentication Facebook
Two-Factor Authentication Facebook
    1. Login ke akun facebook anda, lalu masuk pada bagian Pengaturan (Setting)  lalu pilih Keamanan (Security)
    2. Pada bagian “Persetujuan Masuk Ke Facebook” , klik “Sunting” (edit)
    3. Terdapat beberapa opsi untuk menambahkan pengamanan, pilih “Pesan Teks (SMS)“, lalu klik “Tambahkan Telepon
    4. Masukkan nomor telepon anda pada kotak yang tersedia.
    5. Anda akan menerima sms dari facebook yang berisi 6 digit kode verifikasi , masukkan kode verifikasi tersebut pada kotak yang tersedia, kemudian klik “Konfirmasi
    6. Anda akan menerima notifikasi bahwa Nomor telepon anda telah di konfirmasi
    7. Kembali ke Pengaturan Keamanan, pada bagian “Persetujuan Masuk Ke Facebook”, Klik “Aktifkan
    8. Selesai !! , anda akan mendapat notifikasi Bahwa “Persetujuan Masuk Diaktifkan”.

 

2. TWITTER : TWO-FACTOR AUTHENTICATION

Two Step Authentication Twitter
Two-Step Authentication Twitter
    1. Login ke Twitter dengan komputer, pada foto profile anda di pojok kanan atas, klik “Pengaturan” (Settings)
    2. Pilih “Akun” (Account) , lalu ke bagian “Keamanan” (Security) .
    3. Tersedia pilihan metode untuk two-factor authentication nya, yaitu dengan text message, authentication app dan security key. pada case ini kita coba dengan authentication app ya..
    4. Akan muncul halaman dengan QR Code, kita diminta untuk menautkan  authentication app kita dengan akun twitter dengan cara men scaning QR Code tersebut.
    5. Untuk Aplikasi Autentikasi (authentication app),  kita bisa memilih salah satu dari “time-based one time password (TOTP) authentication app” seperti Google Authenticator, Authy, atau Duo Mobile. (saya menggunakan Authy untuk case ini). Jika belum mempunyai authentication app, silahkan download dan install dulu salah satu aplikasi tersebut di smartphone anda ya..)
    6. Setelah scan QR code dengan aplikasi autentikasi, masukkan kode verifikasi dari aplikasi tersebut ke kolom yang tersedia.

7. Selesai !!, selamat anda sekarang sudah mengaktifikan two-factor authentication untuk masuk ke akun twitter anda.

 

 3. GMAIL (GOOGLE ACCOUNT) : 2-STEP VERIFICATION 

Two Step Verification Gmail
Two-Step Verification Gmail
    1. Login pada akun gmail anda, kemudian pada pojok kanan atas, klik lingkaran dengan initial nama atau foto anda (kalau sebelumnya sudah upload foto untuk profile google), kemudian klik My Account (Akun Saya)
    2. Pada bagian Signing & Security (Masuk & Keamanan), Klik  Signing in to Google (Masuk ke Google), kemudian klik pada bagian 2-Step Verification
    3. Pada kotak  2-Step Verification tersebut,  Klik Get Started, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telpon, dan pilihan bagaimana metode untuk menerima kode verifikasi, apakah melalui text message (SMS) atau Phone Call, lalu klik TRY IT
    4. Anda akan menerima sms dari google berisi kode verifikasi, masukkan kode tersebut pada kotak yang tersedia, dan jika berhasil, akan muncul notifikasi “it worked!” 
    5. Selanjutnya tinggal klik TURN ON pada pojok kanan bawah tampilan tersebut.

Selamat!, sampai disini berarti 2-Step Verification akun google anda (termasuk email gmail tentunya) telah aktif.

 

4. YAHOO ACCOUNT KEY

Yahoo Account Key
Yahoo Account Key
    1. Download Applikasi Yahoo Mail pada Smartphone anda (cari pada Play Store atau Apple Store), Lalu login dengan akun anda pada aplikasi Yahoo Mail di smartphone tersebut.
    2. Login ke akun email yahoo anda menggunakan komputer
    3. Pada pojok kanan atas, pada nama akun anda, klik “account info
    4. Kilk tab “Account Security”, pada bagian ‘Secure Your Account with Yahoo Account Key”, klik “See how it works
    5. Pilih / konfirmasi Smartphone anda dengan mengkilk “ Yes , I have this phone
    6. Klik “Yes, send me a notification
    7. Pada Smarphone anda akan tampil notifikasi “this is a sample account key”, klik “Yes

Setelah di klik “Yes” pada notifikasi di Smartphone, Pada browser komputer akan tampil Notifikasi bahwa Yahoo Account Key anda sudah berhasil di setting,  “That’s all it takes to sign in”,  lalu klik “Always use Yahoo Account Key

8. Langkah terakhir, konfirmasikan Nomor Ponsel anda, lalu klik “Confirm

9. Selesai …!!, akan tampil notifikasi Yahoo Account Key anda sudah diaktifkan “Yahoo Account key is Enabled

 

5. APPLE ID : TWO FACTOR AUTHENTICATION

Two Factor Authentication Apple ID
Two-Factor Authentication Apple ID
    1. Pada menu “Setting” pilih “iCloud“, Klik pada akun iCloud anda, lalu pilih “Password & Security
    2. Pilih “Turn On Two-Factor Authentication
    3. Pada layar berikutnya, “Apple ID Security” , Klik “Continue”, lalu Anda akan diminta mengkonfirmasi identitas dengan mejawab beberapa Security Question dan mengisi kembali data Credit Card anda. 
    4. Lalu konfirmasi No Telpon (Phone Number) anda yang akan digunakan untuk Autentikasi Dua Faktor ini , pilih cara verifikasi apakah akan menggunakan Text Message atau Phone Call (sebaiknya pilih Text Message agar lebih mudah), lalu klik “Next”
    5. Apple akan mengirim sms berisi 6 digit kode verifikasi, isikan kode tersebut pada kotak yang tersedia (atau tunggu saja, jika nomor telpon yang anda isikan adalah nomor pada perangkat yang anda gunakan untuk set up Two-Factor Authentication Apple ID ini, kode verifikasi akan terisi secara otomatis)
    6. 6. Selesai.. !! , anda akan menerima notifikasi bahwa Two-Factor Authentication Apple anda sudah On.

Selain Two-Factor Authentication, Apple juga menyediakn fitur Two-Step Verification, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

6. WHATSAPP : TWO-STEP VERIFICATION 

Two Step Verification Whatsapp
Two Step Verification Whatsapp
    1. Buka Aplikasi Whatsapp, masuk ke “Setting” (Pengaturan)
    2. Masuk ke “Account” (Akun)
    3. Pada “Two Step Verification” klik “Enable” (Aktifkan)
    4. Masukkan 6 digit kode verifikasi (jangan lupa kode ini ya)
    5. Masukkan kembali 6 digit kode verifikasi tersebut
    6. Masukkan alamat email anda ( ini sebagai back up, jika suatu saat misalnya anda lupa 6 digit kode verifikasi

untuk lebih detail, silahkan baca disini

 

- Advertisement -

7. TELEGRAM : TWO-STEP VERIFICATION

Telegram Two Step Verification
Telegram Two Step Verification
    1. Buka Aplikasi Telegram, Masuk ke “Setting” lalu ke “Privacy And Security
    2. Kilk  “Two Step Verification
    3. Klik “Set Additional Password” , lalu masukkan password tambahan anda.
    4. Masukkan alamat email anda (sebagai back up jika suatu saat lupa additional Pasword tersebut)

 

Selain penggunaan verifikasi dua langkah atau two-factor authentication, baca juga tips tips lainnya untuk meningkatkan keamanan akun digital dan cyber security pada artikel berikut :

11 Cara Mengamankan Berbagai Akun Digital Kita

Demikian, semoga bermanfaat.

 

This post is also available in: English

Daniel
Danielhttps://danieel.id
Lahir di Palembang pada bulan November 1981, saya menyelesaikan S1 di Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya, dan S2 Master of Business Administration (MBA) di Sekolah Bisnis Management Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB). Bekerja di salah satu BUMN dan tinggal di daerah Jakarta Selatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Recent Articles

Most Popular

Recent Comments

>